• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id




ARSIP SLIDE DPK KOTA YOGYAKARTA

Informasi memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, keluarga, masyarakat, dunia usaha, organisasi, dan negara dalam berbagai aspek. Salah satu sumber informasi yaitu arsip. Arsip bukan hanya tercipta dalam bentuk konvensional saja, tetapi dalam bentuk corak apapun seperti arsip audio visual atau arsip bentuk khusus. Arsip bentuk khusus atau Records In Special Format yakni arsip yang informasinya terekam dalam bentuk dan karakteristik yang bersifat khusus selain arsip yang tersimpan dalam media tekstual atau kertas. Salah satu jenis arsip bentuk khusus ini adalah still image atau arsip gambar diam berupa slide.


Arsip gambar statik yang memuat arsip slide merupakan arsip yang mempunyai nilai informasi yang dapat digunakan oleh pengguna arsip sebagai sumber informasi. Arsip gambar statik/slide yang merupakan arsip statis yang berketerangan permanen wajib dilestarikan dan dipublikasikan kepada pengguna arsip. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta memiliki arsip gambar statik berupa arsip slide yang tersimpan di Depo Statis dan memiliki beragam nilai informasi yang wajib diolah. Sampai saat ini jumlah arsip slide yang tersimpan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sejumlah kurang lebih 1000 yang merupakan hasil kegiatan akuisisi dari Kantor Departemen Penerangan Kotamadya Yogyakarta.


Pendeskripsian arsip gambar statik/slide tidak mudah dilakukan oleh sembarangan orang karena membutuhkan keterampilan. Arsip gambar statik/slide yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sebagian besar ialah arsip berketerangan tanpa informasi, karena lembaga penciptanya sudah tidak ada dan tidak dapat dilakukan identifikasi. Oleh karena itu, proses pendeskripsian arsip gambar statik/slide akan memakan waktu yang panjang karena butuh penelusuran yang lebih mendalam. Dalam pendeskripsian arsip yang dilakukan membutuhkan arsiparis yang memiliki kriteria khusus untuk melakukan deskripsi nilai informasi.