• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpusarsip@jogjakota.go.id





“JADWAL RETENSI ARSIP (JRA)” KOMPONEN PENTING DALAM PENGELOLAAN ARSIP

Arsip merupakan informasi yang terekam dalam setiap pelaksanaan kegiatan di Perangkat Daerah/Unit Kerja. Arsip tercipta seiring dengan berjalannya pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan di suatu Perangkat Daerah/Unit Kerja, maka semakin banyak arsip yang tercipta. Semakin besar struktur, tugas dan fungsi Perangkat Daerah/Unit Kerja maka semakin tinggi tingkat pertumbuhan arsip yang tercipta. Tingkat pertumbuhan arsip yang tinggi harus diimbangi dengan penerapan sistem pengelolaan arsip yang sistematis dan sesuai dengan kaidah kearsipan, dimana pengelolaanya dilakukan mulai dari penciptaan arsip, penggunaan dan pemeliharaan sampai dengan penyusutan arsip.

LAUNCHING E-LIBRARY YK DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA YOGYAKARTA

Perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatan media sosial telah membawa perubahan budaya baca masyarakat. Hal ini menuntut adanya pelayanan perpustakaan yang kekinian sesuai perkembangan tersebut.

KEGIATAN PRESERVASI ARSIP STATIS DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sebagai lembaga kearsipan daerah memiliki tugas untuk yang menyimpan dan mengelola arsip statis. Dalam kegiatan pengelolaan arsip statis DPK Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan preservasi baik preventif atau kuratif. Preservasi dilaksanakan secara preventif yang bersifat pencegahan dan preservasi kuratif yang bersifat perawatan/perbaikan. Judith Ellis (1993 : 476) mendefinisikan preservasi sebagai tindakan yang memungkinkan bahan arsip baik media fisiknya maupun informasi yag terkandung didalamnya dapat disimpan dan dipertahankan selama mungkin. Preservasi kuratif salah satunya dilakukan dengan kegiatan restorasi arsip/perbaikan arsip.

PENGUMUMAN PERINGKAT TERBAIK I, II, DAN III PENILAIAN PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Perpustakaan sekolah hakikatnya merupakan lembaga yang berperan penting dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar di sekolah, sehingga perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan dengan baik untuk mendukung pencapaian tujuan lembaga induknya.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 >> 109 Data founds