• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id





Fasilitas

Ruang Layanan
Ruang layanan diberi nama LUNA (Layanan Penggunaan Arsip). Ruang layanan dilengkapi dengan aplikasi MARISKA Hmencari Arsip melalui Layar Kaca) yang ditujukan bagi pengunjung/pengguna dalam rangka mencari informasi yang diperlukan selain yang berbentuk buku. Ruang layanan dilengkapi dengan area baca dan sarana meja, kursi, koleksi perpustakaan, personal komputer, dan AC.

 

Ruang Pengolahan
Ruang Pengolahan adlah ruang untuk mengolah arsip tekstual maupun non tekstual.

 

Ruang Transit
Ruang transit berada bersebelahan dengan ruang yang berfungsi untuk menyimpan arsip hasil akuisisi sebelum dilakukan tahapan kegiatan pengolahan.

 

Ruang Pameran
Ruang pameran diberi nama PAMELA (pameran koleksi arsip) terletak di bagian depan gedung sayap utara. Ruang ini dilengkapi dengan sarana untuk memajang khasanah arsip seperti partisi putar, rak display bertingkat. Khasanah yang dipamerkan meliputi arsip tekstual, arsip foto, arsip ephmera.

 

 

Ruang Fumigasi
Ruang fumigasi berada di sebelah ruang transit. Merupakan ruang yang berfungsi untuk melakukan fumigasi arsip sebelum dilakukan pengolahan maupun dalam rangka pemeliharaan.

 

Ruang Musnah
Merupakan ruang untuk menyimpan arasip yang tidak bernilai guna dan diusulkan musnah. Sarana yang tersedia berupa rak arsip.

 

Ruang Rapat
Ruang rapat terletak di sebelah utara gedung, atau sebelah barat ruang pameran. Ruang yang diberi nama ‘Arya’ ini berukutan 9,4m x 5,5 m yang dapat menampung pengunjung sebayak kurang lebih 60 orang. Ruang ini dilengkapi AC, lampu, dan LCD.

 

Record Centre (Pusat Asp Inaktif) LKD
Pusat Arsip Inaktif berfungsi untuk menyimpan arsip inaktif milik pemerintah Kota Yogyakarta yang memiliki retensi diatas 10 tahun. Ruangan seluas kurang lebih 208 m2 dilengkapi AC, lampu, alat pemadam kebakaran, dan higrometer untuk mengontrol suhu dan kelembaban. Sarana di dalamnya berupa rak arsip 98 buah dan rak kartogara 1 buah.

 

 

 

Record Centre (Pusat Arsip Inaktif) DPK
Pusat Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah ruang untuk menyimpan arsip inaktif milik DPK yang berasal dari sekretariat, Bidang Perpustakaan, dan Bidang Kearsipan.

 

Ruang Alih Media
Ruang alih media adalah ruang untuk kegiatan alih media arsip dan pengolahan arsip hasil alih media.

 

Ruang Komputer
Merupakan ruang yang berfungsi untuk melaksanakan ketugasan bagi arsiparis seperti entri data, pengolahan data.

 

Ruang Sarana & Prasarana
Ruang Sarpas adalah ruanf untuk menyimpan sarana dan prasarana kearsipan.

 

Ruang Voulting
Ruangan berlapis baja tahan api yang terletak di ruang penyimpanan arsip statis berfungsi untuk menyimpan arsip vital.

 

Musholla “Rodhatul Jannah”
Merupakan fasilitas ruangan untuk melaksanakan aktivitas peribadatan.