• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id



LAYANAN PUSPITA HADIR KEMBALI MELAYANI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA

Pemerintah memutuskan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakata (PPKM) Level 4 masih berlaku di dua provinsi, yakni DI Yogyakarta dan Bali. Namun hal tersebut tidak menyurutkan Perpustakaan Kota Yogyakarta sebagai institusi penyedia layanan informasi, berusaha tetap memberikan layanan kepada masyarakat Kota Yogyakarta. Salah satu upayanya yaitu memberikan Layanan Perpustakaan Keliling PUSPITA (Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta). Layanan Puspita merupakan layanan perpustakaan keliling yang menggunakan armada motor roda 3 yang didesain khusus guna memberikan layanan literasi kepada masyarakat Kota Yogyakarta. Sempat berhenti layanan sementara waktu selama kurang lebih 2 bulan yang lalu, saat ini Layanan Puspita siap melayani kebutuhan informasi ke beberapa titik lokasi di beberapa Kemantren  Kota Yogyakarta 

Saat ini layanan Puspita memberikan layanan secara terbatas selaras dengan  ketentuan PPKM yang berlaku untuk Kota Yogyakarta. Terdapat 11 (sebelas) Kemantren yang dilayani Puspita yaitu Kemantren Umbulharjo, Kemantren Jetis, Kemantren Tegalrejo, Kemantren Gondokusuman, Kemantren Mantrijeron, Kemantren Wirobrajan, Kemantren Ngampilan, Kemantren Mergangsan, Kemantren Kotagede, Kemantren Gedongtengen dan Kemantren Kraton.

Layanan PUSPITA siap melayani pemustaka setiap hari Senin s/d Kamis mulai pukul 09.00 – 13.30 WIB di area Kemantren. Selain di Kemantren, Layanan PUSPITA juga memberikan layanan di PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias) pada hari Sabtu pukul 09.00 – 12.00 WIB. Dalam pelaksanaannya, Layanan Puspita tetap melakukan pembatasan dan pemberlakuan protokol kesehatan yang harus ditaati oleh petugas dan pemustaka.  Protokol kesehatan yang wajib ditaati pemustaka antara lain wajib mencuci tangan, wajib menggunakan masker, dan wajib menjaga jarak. Petugas juga senantiasa melakukan sterilisasi pada koleksi buku serta sarana lain yang berpeluang tersentuh oleh pemustaka pada saat layanan. 

Layanan PUSPITA memberikan berbagai fitur layanan yang dapat diakses langsung oleh pemustaka, antara lain layanan baca di tempat, layanan KARTIKA (Koleksi Terbitan Berkala untuk Anda), layanan Wifi dan Internet, layanan Story Telling, layanan APE (Alat Peraga Edukatif) serta layanan SISKA (Sistem Interaktif Pemustaka dan Pustakawan). Semua fitur layanan tersebut diberikan secara gratis. Layanan PUSPITA juga menyediakan berbagai koleksi buku yang beragam mulai dari koleksi tentang ilmu sosial, agama, ilmu terapan, novel, komik, kerajinan tangan, dan kumpulan resep yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka dari berbagai kalangan usia. 

Respon positif dari masyarakat mengenai hadirnya kembali Layanan PUSPITA sudah nampak terlihat. Walaupun pengunjung belum seramai saat sebelum PPKM, namun setiap di setiap lokasi layanan selalu ada pemustaka yang memanfaatkan Layanan Puspita. Pada beberapa Kemantren yang memang lokasinya dekat dengan permukiman tempat tinggal warga Layanan Puspita juga sudah dinanti banyak oleh pemustaka cilik. Hal ini menjadikan semangat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta untuk terus memberikan berbagai fitur layanan yang disediakan. Dengan hadirnya Layanan PUSPITA pada masa PPKM ini diharapkan dapat dapat meningkatkan budaya baca serta memenuhi kebutuhan literasi, sebagai sumber pengetahuan masyarakat Kota Yogyakarta.