• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id



Menyambut Hari Kunjung Perpustakaan, DPK Kota Yogyakarta Menyelenggarakan Workshop Kepenulisan

Rabu, 1 September 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta  menyelenggarakan workshop kepenulisan dengan tema "Berkreasi dan Berkinerja di tengah Pandemi". Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini dilaksanakan secara virtual  dengan menghadirkan narasumber Y.B. Margantara, jurnalis senior dan pegiat literasi di Yogyakarta. Workshop ini merupakan  salah satu rangkaian dari peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September 2021 mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar  Ismuwardani, SIP dalam sambutannya mengatakan bahwa berangkat dari keresahan tentang adanya pandemi yang berdampak pada terhentinya kegiatan literasi, kegiatan-kegiatan yang dapat menggugah semangat literasi seperti workshop kepenulisan ini perlu dilakukan. Selama ini pustakawan DPK Kota Yogyakarta telah menjadi penggerak literasi  bagi siswa SD dan SMP  dengan kegiatan pelatihan menulis, dan telah menerbitkan buku hasil karya peserta setiap tahunnya. Sebagai penggerak literasi, sudah semestinya pustakawan pun lebih produktif menulis dan menghasilkan buku. Workshop kepenulisan ini merupakan ruang belajar dan diskusi yang tepat,  karena  di sini para peserta dapat bertemu langsung dengan ahlinya. Ini dapat menjadi  momentum awal pustakawan untuk bersama-sama menulis sekaligus menghasilkan buku.

Sementara Y.B. Margantara selaku narasumber memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Harapannya, pertemuan ini bukan hanya sekedar pelatihan, namun pustakawan dan arsiparis harus dapat menulis dan tulisannya dibukukan. Selanjutnya kegiatan menulis diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi sesuatu yang rutin dilakukan.