• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id



PASAR LEMPUYANGAN

Pasar Lempuyangan keberadaannya bermula dari  berdirinya  kios - kios di sepanjang jalan Lempuyangan, tepatnya disebelah selatan stasiun Kereta Api Lempuyangan.  Kios - kios itu  digunakan untuk pertemuan para penjual dan pembeli yang melakukan  transaksi jual beli secara langsung serta melakukan  proses tawar-menawar  dan  karena  perkembangan jaman  lama kelamaan kios-kios yang dibangun semakin ramai  dan bertambah banyak, sedang lahan yang ada disebelahnya  juga sudah digunakan untuk arena jual beli, akhirnya tempat ini menjadi   pekan atau pasar  yang berada di pinggir jalan Hayam Wuruk, Lempuyangan, Yogyakarta. 

 

Pada Tahun 1984  Pasar  Lempuyangan  dijadikan tempat relokasi  Pasar Reksonegaran. Pasar tersebut semula berada di kawasan perdagangan Jalan Urip Soemoharjo tepatnya di sisi selatan Toko Obat Malaya disamping Toko Pulau Indah. Karena tidak mengalami perkembangan maka Pasar Reksonegaran direlokasikan ke Pasar Lempuyangan. Pada tahun 1986 Pasar ini  diresmikan secara langsung oleh Walikota Yogyakarta Djatmikanto Danumartono menjadi Pasar Lempuyangan, yang letaknya ada di pinggir jalan Lempuyangan.

  

Kegiatan Pasar Lempuyangan sudah dimulai pukul 05.00 sampai dengan Pukul 17.00, pasar ini memiliki  luas bangunan sekitar 2521 meter persegi, dengan jumlah pedagang yang tercatat saat ini sekitar 298 orang. Pasar tradisional ini  tidak begitu lengkap dan kurang bervariasi namun begitu  pasar ini menawarkan berbagai  sentra jual beli  seperti sembako, sayur mayur, jajanan pasar, jajanan anak, ayam, daging, buah - buahan, kue, serta yang sangat terkenal yaitu jenang bu Gesti  yang menyajikan empat macam jenang, jenang candil, jenang sumsum putih, jenang sumsum coklat dan jenang mutiara. 

Pasar Lempuyangan pernah menyabet gelar Adipura pada tahun 2009, Pasar Lempuyangan  sering dikunjungi banyak pelajar dan mahasiswa yang ingin melihat dinamika sosial dan belajar  tentang  ekonomi  kerakyatan .