• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id



Semarak Hari Kunjung Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Yogyakarta sebagaimana kegiatan pada tahun sebelumnya kembali siap menggelar Semarak Hari Kunjung Perpustakaan. Kegiatan tersebut telah dimulai pada tanggal 1 September 2021 dengan adanya kegiatan workshop kepenulisan bagi segenap personalia perpustakaan. Workshop kepenulisan menghadirkan Bapak YB Margantara, seorang penulis senior di media cetak sebagai narasumber, dengan mengangkat tema Asyiknya Menjadi Pustakawan. Tindak lanjut dari adanya workshop kepenulisan adalah setiap peserta supaya membuat karya tulis, dimana selanjutnya dijadikan sebuah buku antologi dengan judul ‘Pustakawan Mengabdi untuk Negeri’. Buku itu sendiri nantinya akan dilaunching oleh Bapak Seretaris Daerah Kota Yogyakarta pada puncak acara hari Kunjung Perpustakaan 2021.

Kegiatan selanjutnya adalah ‘Apresiasi Pengunjung Perpustakaan’. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 14 September 2021, tepat dengan adanya peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal tersebut. Dengan adanya kondisi pandemi covid 19 yang sudah semakin terkendali, maka Perpustakaan Kota Yogyakarta sudah mulai membuka layanan pengunjung secara terbatas pada hari Selasa, 7 September 2021 dengan protokol kesehatan secara maksimal. Oleh karena itu bagi masyarakat yang berkunjung ke Perpustakaan kota Yogyakarta pada tanggal 14 September 2021, akan mendapatkan apresiasi dari Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Wujud apresiasi adalah berupa layanan prima pustakawan serta adanya adanya door prize menarik bagi para pengunjung yang beruntung.

Pada tanggal 14 September 2021, dimulai jam 14.00 wib sampai dengan selesai, akan disaksikan penyerahan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka tahun 2021 kategori Pejabat Publik oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Walikota Yogyakarta, Bapak Drs H Haryadi Suyuti. Pelaksanaan penyerahan dilakukan secara zoom meeting pada puncak acara Gemilang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.  Penyerahan penghargaan secara live akan diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional melalui kanal youtube link  https://s.id.gemilangperpusnas atau melalui tautan webinar ID : 826 1883 0358; parsword : perpusnas. 

Adapun puncak rangkaian acara Semarak Hari Kunjung Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta akan dilaksanakan  pada hari Rabu, 15 September 2021 di Perpustakaan PEVITA Jalan Majend Sutoyo 32 Yogyakarta. Acara akan dilaksanakan secara luring terbatas serta acara dapat disaksikan secara daring dengan kapasitas 100 peserta. Puncak acara diisi dengan aksi Starla (Story Telling Perpustakaan Kota Yogyakarta, Sambutan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, serta ekspose Juara 2 Lomba Bertutur Siswa SD Tingkat Nasional Tahun 2021 oleh Binar Mutiara Yahya, Siswa SD Negeri Ungaran Yogyakarta. Acara menjadi sangat monumental, dikarenakan akan diadakan launching  antologi buku yang ditulis oleh para Pustakawan Perpustakaan Kota Yogyakarta berjudul ‘Pustakawan Mengabdi untuk Negeri’

Veronica Ambar Ismuwardani, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menegaskan bahwa peringatan Hari Kunjung Perpustakaan pada tahun ini sangat istimewa, dikarenakan adanya penghargaan tertinggi dari Perpustakaan Nasional RI yaitu Nugra Jasa Dharma Pustaloka tahun 2021 kepada Walikota Yogyakarta, Bapak Drs H Haryadi Suyuti. Penghargaan ini merupakan usaha yang sungguh-sungguh dari Bapak H Haryadi Suyuti selama ini dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca masyarakat di Kota Yogyakarta, dimana salah satunya dengan adanya pendirian kampung baca. Momentum hari kunjung perpustakaan diharapakan juga menjadi pemicu bagi para Pustakawan khususnya untuk selalu mengajak masyarakat berkunjung serta memanfaatkan perpustakaan dengan penerapan standar protocol kesehatan. Pada sisi lain Kepala DPK juga berharap ‘ayo kita manfaatkan perpustakaan, agar masyarakat semakin berdaya dan sejahtera’.