• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpusarsip@jogjakota.go.id



KEGIATAN PRESERVASI ARSIP STATIS DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta sebagai lembaga kearsipan daerah memiliki tugas untuk yang menyimpan dan mengelola arsip statis. Dalam kegiatan pengelolaan arsip statis DPK Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan preservasi baik preventif atau kuratif. Preservasi dilaksanakan secara preventif yang bersifat pencegahan  dan preservasi kuratif yang bersifat perawatan/perbaikan. Judith Ellis (1993 : 476) mendefinisikan preservasi sebagai tindakan yang memungkinkan bahan arsip baik media fisiknya maupun informasi yag terkandung didalamnya dapat disimpan dan dipertahankan selama mungkin. Preservasi kuratif salah satunya dilakukan dengan kegiatan restorasi arsip/perbaikan arsip.

Pada tahun 2021 Dinas Perpustakan dan Kearsipan ota Ygyakarta melaksanakan kegiatan preservasi di Bulan Maret hingga Oktober. Adapun jumlah arsip yang dipreservasi sejumlah 504 lembar arsip tekstual. Rata-rata arsip yang dipreservasi adalah arsip teksual yang tecipta pada tahun 1956 – 1973. Arsip tersebut adalah milik sekretaris DPRD Kota Praja. 

Seiring dengan adanya Covid 19 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta tetap bersemangat melakukan preservasi arsip statis. Kegiatan preservasi dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari arsiparis ahli, arsiparis penyelia dan tenaga teknis. Kegiatan preservasi dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.