• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpusarsip@jogjakota.go.id



Peringatan Hari Buku Anak Sedunia di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta ikut menyemarakkan Hari Buku Anak Sedunia. Dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 2 April 2022 di semua lini layanan pepustakaa baik layanan menetap maupun keliling, dalam rangka Hari Buku Anak Sedunia, DPK Kota Yogyakarta menyediakan fasilitas untuk mendukung literasi anak dan berbagai kegiatan menarik. Kegiatan yang disuguhkan antara lain story telling, aktifitas menggambar dan mewarnai gambar, dan pembagian merchandise. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya membaca bagi anak, mengenalkan buku dan membiasakan anak membaca sejak dini.
 
Hari Buku Anak Sedunia sering dikenal sebagai International Children Books Day pertama kali dicetuskan oleh sebuah organisasi yang bernama International Board of Books for Young People (IBBY) pada tahun 1966. Sejak pada saat itu, Hari Buku Anak Sedunia dirayakan setiap tanggal 2 April. Tanggal tersebut merupakan tanggal lahir Hans Christian Andersen yang tidak lain beliau adalah Bapak Dongeng Dunia. Dilansir dari website resmi IBBY, pada tahun 2022 ini peringatan Hari Buku Anak Sedunia disponsori oleh Kanada dengan tema "Stories are wings that help you soar every day", yang berarti “Cerita adalah sayap yang membantumu terbang setiap hari.” Dalam tema ini juga tersirat pesan penting dan berharganya sebuah buku akan membantu anak dalam meraih mimpi dan cita- citanya.
 
Momentum Hari Buku Anak Sedunia menjadi waktu yang tepat untuk lebih mengenalkan buku kepada anak. Pada hal ini yang paling dapat pertama berperan adalah orang tua. Peran serta orang tua sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kecintaan anak terhadap buku. Selain dapat dengan membiasakan membacakan buku pada anak dirumah, ada beberapa cara lainnya yaitu dengan mengajak anak ke perpustakaan untuk membaca buku.
 
Dengan adanya peringatan Hari Buku Anak Sedunia di DPK Kota Yogyakarta, diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan pola pikir dan meningkatkan literasi anak khususnya di Wilayah Kota Yogyakarta. Jika sudah tertanamnya kebiasaan membaca sejak dini, harapannya suatu saat nanti anak-anak ini akan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan unggul. Buku adalah sumber ilmu terbaik di dunia bagi siapa pun yang membacanya. 
Selamat membaca dan selamat memperingati Hari Buku Anak Sedunia.