• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpusarsip@jogjakota.go.id



Lomba Bertutur Siswa SD/MI Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2022

Seperti tahun sebelumnya Lomba Bercerita atau Bertutur Siswa SD/MI dilaksanakan secara rutin oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca pada generasi muda dan pelestarian budaya daerah atau lokal yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pada tahun lalu lomba ini dilaksanakan secara daring melalui pengiriman video dan tatap muka dilaksanakan ketika babak final. Namun tahun ini karena situasi lebih kondusif maka kegiatan baik penyisihan dan final dilaksanakan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Materi lomba berupa cerita berupa cerita rakyat asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Dimana peserta membawakan cerita lima (5) menit pada babak penyisihan dan tujuh (7) menit pada babak final. Komponen penilaian terdiri dari penampilan, cara dan teknis bercerita serta penguasaan materi.

Tahapan pelaksanaan  lomba terdiri dari babak penyisihan tanggal 19 Juli 2022 dan babak final pada tanggal 9 Agustus 2022 di Area Perpustakaan Kota Yogyakarta Jl. Suroto No.9 Kotabaru. Dalam penyisihan lomba kali ini diikuti oleh 65 peserta kelas 4,5 siswa SD/MI negeri dan swasta di Kota Yogyakarta. Setiap sekolah maksimal mengirimkan dua (2) peserta baik putra maupun putri. Dari 65 peserta akan diambil 20 peserta untuk mengikuti babak final. Selanjutnya dari 20 peserta akan dipilih lima (5) peserta terbaik untuk menjadi pemenang. 

Apresiasi yang akan diberikan adalah Piagam Walikota dan uang pembinaan. Uang Pembinaan yang kan diberikan kepada peserta Lomba Juara 1 sebesar Rp.5.000.000, Juara 2 sebesar Rp. 4.500.000, Juara 3 sebesar 4.000.000, Juara Harapan 1 sebesar 3.500000 dan Juara Harapan 2 sebesar Rp. 3.000.000,-.

Terlaksananya lomba bertutur didukung budayawan, sastrawan, dan pustakawan sebagai yuri lomba. Selain itu dukungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kota Yogyakarta terkait rekruitmen dan prestasi non akademik peserta lomba. Semoga melalui kegiatan Lomba Bertutur Siswa SD/MI ini dapat memberikan manfaat dari pesan moral yang disampaikan kepada pemirsa, mengasah bakat, melatih kepercayaan diri, cinta budaya lokal, suka membaca, berbakat, kreatif, terampil dan imajinatif.