• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id




SEJARAH PEMBANGUNAN KEBUN PLASMA NUTFAH PISANG DI KOTA YOGYAKARTA

Kebun Plasma Nutfah Pisang yang terletak di Malangan, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta dibangun sejak tahun 1988. Kebun ini didirikan di lahan seluas 19.525 meter persegi. Operasional pembangunan dibiayai oleh APBD II dan Inpres Kotamadya Dati II Yogyakarta dari tahun anggaran 1988/1989 sampai dengan tahun 1994/1995. Selain itu, pembangunan Kebun Plasma Nutfah Pisang dibiayai dari Bantuan Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (Ibu Tien Soeharto). 

Pembangunan Kebun Plasma Nutfah Pisang yang  digagas oleh Ibu Tien Soeharto untuk mengenalkan secara lebih jauh kekayaan flora khususnya tanaman pisang, diresmikan oleh R. Widagdo, Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Yogyakarta pada tanggal 3 Juni 1993. Pada  akhir  Desember 1994, Kebun ini telah memiliki kultur varietas sebanyak 251 kultivar. Untuk kelangsungan pembangunannya, pada waktu itu dibentuk Tim Pengarah dengan Pembina Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Yogyakarta dan Konsultan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi DIY dan Fakultas Biologi UGM Yogyakarta.

Kementrian Pertanian menyatakan bahwa Kebun Plasma Nutfah Pisang  Kota Yogyakarta memiliki koleksi jenis pisang terlengkap di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Oleh karena itu, sejak 2004 lalu kebun ini dirintis sebagai Pusat Pisang Nasional dengan meningkatkan sarana prasarana pendukungnya, antara lain Kebun Plasma Nutfah Pisang, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Olahan, Rumah Aklimatisasi (tempat adaptasi bibit tanaman), Gedung  Promosi, dan SDM. 

  Dengan adanya Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta ini, diharapkan dapat melestarikan, memanfaatkan, dan menyebarluaskan pisang bagi kepentingan yang lebih berdayaguna. Kebun ini juga dapat menjadi wahana preservasi dan konservasi lahan dalam kota. Selain itu kebun ini bermanfaat untuk rekreasi dan sebagai fasilitas penelitian bagi mahasiswa dan umum yang ingin mengetahui tentang pisang dan tentunya sebagai pendukung bagi pengembangan industri pisang.

Sumber : Booklet Pembangunan Kebun Plasma Nutfah Pisang, Dinas Pertanian Kotamadya Dati II Yogyakarta, 1995