• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id



Launching BIANCA di PEVITA

Sejak diresmikan beberapa waktu yang lalu, keberadaan BI Corner di Perpustakaan Kota Yogyakarta mendapat apresiasi yang cukup positif dari masyarakat. Hal ini nampak dari banyaknya pemanfaatan layanan ini oleh masyarakat pemustaka. Dalam layanan BI Corner untuk Anda atau biasa disebut BIANCA ini masyarakat dapat mengakses koleksi bertema perbankan, mengakses internet, maupun diskusi bersama di area bacanya yang sangat nyaman. Masa pandemi covid-19 pada awal Maret hingga saat ini tidak begitu menyurutkan minat masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini, tentunya dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang baik.

Sejak Februari 2020, DPK Kota Yogyakarta kembali menjalin kemitraan dengan Bank Indonesia Perwakilan DIY untuk menambah pojok baca BIANCA di Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakarta (PEVITA).  Penambahan layanan BIANCA di Pevita ini dilakukan dalam rangka pengembangan minat baca masyarakat, khususnya di wilayah selatan Kota Yogyakarta. Hal ini sejalan dengan maksud dan tujuan BI Corner, yaitu untuk meningkatkan literasi ekonomi, keuangan, dan perbankan melalui layanan perpustakaan kepada masyarakat di Kota Yogyakarta. Adapun fasilitas yang disediakan berupa ruang baca dengan sofa dan karpet yang sangat nyaman, rak buku dengan desain menarik, buku-buku tentang ekonomi dan perbankan, televisi, dan seperangkat komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Sebagai tanda telah dibukanya layanan ini, pada hari Senin tanggal 21 September 2020, diselenggarakan Launching BI Corner yang di beri nama “BIANCA di PEVITA” oleh Walikota Yogyakarta bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY. Acara dihadiri pula oleh beberapa pejabat pemerintah terkait, dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa keberadaan BI Corner “BIANCA di PEVITA” ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan literasi masyarakat Kota Yogyakarta, khususnya koleksi buku-buku perbankan. BIANCA di Pevita juga dapat dimanfaatkan sebagai area yang menarik untuk berdiskusi, mengerjakan tugas pembelajaran bagi siswa ataupun mahasiswa, ataupun mengakses berbagai kebutuhan informasi. Beliau juga menambahkan bahwa kehadiran BIANCA di PEVITA juga akan semakin menguatkan predikat Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan. Di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, beliau berharap masyarakat tetap dapat memanfaatkan Perpustakaan Kota Yogyakarta guna memenuhi kebutuhan informasi dan pendidikan,dengan mengedepankan protokol kesehatan.