• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id




LAYANAN PUSPITA TETAP HADIR MELAYANI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA DI MASA PPKM

Perpustakaan Kota Yogyakarta dalam masa PPKM (Program Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat) tetap berusaha untuk dapat memberikan layanan kepada masyarakat Kota Yogyakarta. Salah satu layanan yang diberikan adalah Layanan Perpustakaan Keliling PUSPITA. Layanan PUSPITA hadir melayani pemustaka yang berada di wilayah-wilayah Kota Yogyakarta dengan tetap melakukan pembatasan dan pemberlakuan protokol kesehatan yang harus ditaati oleh petugas dan pemustaka.  Protokol kesehatan yang wajib ditaati pemustaka antara lain wajib mencuci tangan, menggunakan masker, Setiaki (Semprot alas kaki) dan menjaga jarak. Sedangkan petugas Layanan PUSPITA yang sedang bertugas wajib menggunakan APD, masker, sarung tangan dan faceshield. Petugas juga senantiasa melakukan sterilisasi pada koleksi buku serta sarana lain yang berpeluang tersentuh oleh pemustaka pada saat layanan.

Layanan PUSPITA memberikan berbagai fitur layanan yang dapat diakses langsung oleh pemustaka, antara lain layanan baca di tempat, layanan KARTIKA (Koleksi Terbitan Berkala untuk Anda), layanan Wifi dan Internet, layanan Story Telling, layanan APE (Alat Peraga Edukatif) serta layanan SISKA (Sistem Interaktif Pemustaka dan Pustakawan). Semua fitur layanan tersebut diberikan secara gratis. Layanan PUSPITA siap melayani pemustaka setiap hari Senin s/d Jumat mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB pada 2 (dua) lokasi layanan dan setiap hari Sabtu & Minggu pukul 09.00 – 12.00 WIB di 1 (satu) lokasi layanan yang telah dijadwalkan. Layanan PUSPITA juga menyediakan berbagai koleksi buku yang beragam mulai dari koleksi tentang ilmu sosial, agama, ilmu terapan, novel, komik, kerajinan tangan, dan kumpulan resep yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka dari berbagai kalangan usia.

Layanan PUSPITA yang tetap memberikan layanan pada saat PPKM ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat ketika pemustaka memanfaatkan berbagai fitur layanan yang disediakan. Tak jarang kehadiran Layanan PUSPITA juga telah ditungg-tunggu oleh pemustaka cilik di lokasi layanan. Layanan wifi dan internet gratis juga menjadi layanan yang banyak dimanfaatkan oleh pemustaka untuk sekedar berselancar mencari informasi literasi di dunia maya ataupun digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh. Dengan hadirnya Layanan PUSPITA pada masa PPKM ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan literasi, sebagai sumber pengetahuan masyarakat, serta dapat meningkatkan budaya baca masyarakat Kota Yogyakarta.