• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id




PERPUSTAKAAN GUNUNGKETUR MERAIH JUARA II LOMBA PERPUSTAKAAN UMUM (DESA/KELURAHAN) TINGKAT DIY

Perpustakaan Guntur Berdaya Kelurahan Gunungketur, Kemantren Pakualaman, Yogyakarta berhasil meraih Juara II dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY Tahun 2021. Visitasi lapangan oleh Tim Yuri dari  Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah provinsi DIY dilaksanakan pada Kamis, 27 Mei 2021 setelah perpustakaan ini masuk 5  besar dalam seleksi administrasi. Adapun aspek yang dinilai dalam lomba ini ada 10, yaitu aspek kelembagaan, gedung/ruang, perabot dan perlengkapan, tenaga pengelola, koleksi, layanan, anggaran, kerjasama dan dukungan pemerintah, promosi, dan kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Mantri Pamong Praja  Kemantren Pakualaman,  Cahya Wijayanta, S.Sos., selaku perwakilan dari Pemerintah Kota Yogyakarta menyambut kedatangan Tim Yuri dan menyampaikan terima kasih kepada DPK Kota Yogyakarta yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan Perpustakaan Kelurahan Gunungketur  dalam dalam mengikuti lomba perpustakaan tingkat DIY.

Selanjutnya Cahya berharap  keberadaan perpustakaan ini  bisa meningkatkan minat masyarakat untuk membaca, menuju proses budaya literasi, dan menjadi sarana untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada. Hal ini dapat dikuatkan dengan pendirian pojok-pojok baca di wilayah,   seperti  misalnya pojok baca Warsimah (Warung Edukasi Omah Kreatif Lodji 16), yang dapat mengintegrasikan kegiatan masyarakat dengan kegiatan membaca.

Ketua Tim Yuri Visitasi Lomba, Sarwono, SIP, MA, mengatakan bahwa keberadaan perpustakaan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, sehingga perlu dikelola dengan baik dan berkelanjutan.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, MM, dalam tanggapannya menyatakan dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap penyelenggaraan perpustakaan kelurahan, dan keikutsertaan dalam lomba tidak semata  hanya untuk mendapatkan peringkat, tetapi yang terpenting memastikan bahwa program perpustakaan sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Lebih lanjut Sekda menyampaikan bahwa literasi bukan hanya jargon saja tetapi  suatu kesungguhan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk lebih meningkatkan strata masyarakat secara umum dengan basis wilayah sebagai kunci, tidak terpusat di satu titik saja, melainkan dapat masuk masuk secara teritorial  di seluruh lini masyarakat. Sekda melanjutkan bahwa literasi  akan berhasil jika melibatkan eleman masyarakat, dan ini terbukti di sini bahwa seluruh komponen masyarakat di kelurahan Gunungketur terlibat di dalamnya.