• Jalan Suroto 9 Kotabaru Yogyakarta
  • (0274) 511314
  • perpus_jogja [at] yahoo [dot] co [dot] id




"JAMILA" SIAP ANTAR BUKU PINJAMAN SAMPAI RUMAH

Sejalan dengan misinya yang dinamis, Perpustakaan Kota Yogyakarta Pada masa pandemi seperti ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta memandang perlu, bukan hanya mengajak masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan, namun lebih dari itu, adalah bagaimana perpustakaan mau dan mampu mengantarkan buku bacaan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Selain itu, seiring dengan berkembangnya Kota Yogyakarta yang menjadi kota modern membuat masyarakat memiliki minat baca yang tinggi, tetapi  tidak mempunyai cukup waktu untuk datang ke perpustakaan, meski hanya untuk meminjam koleksi buku sekalipun. Maka pada tahun 2021 ini Perpustakaan Kota Yogyakarta tetap melayankan inovasi Layanan Jamila (Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan Ke Pemustaka).

Layanan Jamila adalah layanan berupa pengantaran buku oleh Pustakawan kepada Pemustaka pada alamat yang telah ditentukan setelah terlebih dahulu dilakukan proses peminjaman, dimana lokasi pengantaran masih dalam lingkup wilayah Kota Yogyakarta. Layanan Jamila juga bermaksud untuk meningkatkan kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan, mendekatkan akses koleksi kepada pemustaka dan memberikan layanan prima kepada pemustaka dalam bentuk pengantaran buku yang dipinjam, pada alamat yang telah disepakati.

Pemesanan buku Layanan Jamila dapat dilakukan setiap hari kerja melalui nomor Lolita (Layanan Online Perpanjangan Peminjaman Koleksi Pustaka) di 081390951274. Pemesanan buku sebaiknya mencantumkan judul buku, pengarang dan penerbit buku, sebelumnya pemustaka dapat mencari buku yang diinginkannya melalui OPAC Puskot Jogja dengan alamat Sedangkan pengantaran buku dijadwalkan pada hari Senin, Rabu dan Jumat.  Pelaksanaan Layanan Jamila saat pandemi pada tahun 2021 ini tetap mengutamakan protokol kesehatan. Pemustaka dan petugas yang mengantarkan wajib menggunakan masker dan memakai handsinitizer sebelum bertransaksi. Dengan kehadiran Layanan Jamila di tengah masyarakat Kota Yogyakarta pada saat pandemi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan literasi dan dapat mengurangi resiko penularan covid-19.